• Kampung Baru Jr.Padang Panjang
  • +62 852 4609 8111
  • tanjungharosikabu2pp@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

PELAYANAN BERBASIS DIGITAL

25 Januari 2018 Pemerintahan Nagari PEMNAG NEWS

 

 "Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang" telah menerapkan IT untuk Pelayanan  dan Website untuk informasi publik nagari  "

Pelayanan.Nagari-- Sebagaimana Visi dan Misi Wali Nagari (MM) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang salah satunya yaitu menciptakan Nagari Berbasis Teknologi Informasi. Di antaranya adalah membuat Sistem Informasi Desa/Nagari, dengan adanya sistem maka akan memepermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan sebagai  saranan informasi publik digital sesuai perkembangan teknologi saat ini .

Sesuai dengan UU-RI Nomor 14 2008 tentang “Keterbukaan Informasi Publik” dan PERMENDAGRI Nomor 2 tahun 2017 tentang “Standar Pelayanan Minimal Desa/ Nagari” , berdasarkan peraturan diatas Sistem Informasi Desa/Nagari mempunyai peran dan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh nagari. Untuk menciptakan Standar Pelayanan Minimal di desa/nagari kita harus mempunyai sistem untuk pelayanan di nagari, begitupun juga untuk Keterbukaan Informasi Publik / transparansi kita membutuh Website untuk memberikan informasi ke masyarakat.

Alhamdulillah berkat kerja keras Wali Nagari beserta perangkat dengan memberdayakan SDM yang ada di nagari serta kerjasama dengan Penggiat Sistem Informasi Desa/Nagari yang ada di Indonesia, akhirnya Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota telah dapat mewujudkan itu semua dengan aplikasi berbasis WEB dengan nama openSID, jadi segala Layanan Administrasi (Layanan Data, layanan masyarakat ) sudah berbasis WEb. openSID sendiri dikembangkan secara sukarelawan oleh para Penggiat dan programer yang telah handal dibidangnya. 

Untuk menciptakan semua ini, kami di pemerintahan nagari tidak membutuhkan dana puluhan juta untuk mewujudkan ini semua seperti desa/nagari lain  yang mengeluarkan anggaran begitu banyak untuk menghasilkan suatu sistem itupun belum sesuai dengan yang dikendakinya sehingga sistem tersebut tidak tepat guna.

Untuk biaya penggunaan dan pengembangan Sistem Informasi Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu padang Panjang hanya menggarkan sebesar Rp. 1.335.000 dengan rincian Rp. 1.280.000/1 tahun untuk membayar penyedia  jasa hosting  , dan Rp. 55.000/2 tahun untuk membayar domain desa.id ke Kominfo Pusat .

Untuk pengembangan dan penggunaannya Pemerintah nagari memanfaatkan Potensi SDM yang ada di nagari , supaya sistem ini dapat digunakan sesuai kebutuhan Pemerintah Nagari. Namun sistem yang telah ada sekarang di nagari belumlah sesempurna mungkin, jadi mohon masukan dan komentarnya demi kemajuan nagari kita.

Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat dari penggunaan Sistem Informasi Desa/Nagari (SID/n)adalah sebagai berikut :

  1. Kantor Wali Nagari Lebih Efisien
    dengan memakai openSID, kantor Wali Nagari dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
  2. Kantor Wali Nagari Lebih Efektif
    dengan SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor Nagari dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.
  3. Pemerintah Nagari Lebih Transparan
    Berdasarkan UUD RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik . Dengan SID, pemerintah Nagari dapat mengelola informasi kegiatan Nagari dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. kantor Wali Nagari dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan Nagari dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web Nagari, papan pengumuman dsbnya.
  4. Pemerintah Nagari lebih akuntabel
    Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana Nagari dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga , pemerintah Nagari akan dituntut untuk lebih akuntabel. (Web Nagari)
  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor Wali  Nagari akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor Wali Nagari adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
  6. Warga/Masyarakat mendapat akses lebih baik pada informasi Nagari
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor Nagari mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi Nagari dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi Nagari di web Nagari. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor Nagari untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan. (Web Nagari)
  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan Nagari
    Ketersediaan data dan informasi Nagari yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan Nagari. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan Nagari. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar