rss_feed

Nagari Tanjung Haro Sikabu - Kabu Padang Panjang

Kampung Baru Jr.Padang Panjang
Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat
Kode Pos 26261

call 085246098111| mail_outline tanjungharosikabu2pp@gmail.com

Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan
fingerprint
Sah, Materai Rp 10.000 Berlaku Awal Tahun 2021, Tapi Masih Ada Masa Transisi Setahun

date_range 05 Jan 2021 09:16:53 favorite 473 Kali

Jakarta,Warta Nagari - Tahu materai dong? Kertas berwarna biru dan hijau dengan tulisan nominal Rp 3.000 dan Rp 6.000. Terdapat gambar burung garuda, dan bertuliskan materai tempel, berikut nomor serinya.

Meski bentuknya kertas kecil, tapi kalau sebuah dokumen sudah dibubuhi materai tempel ini, maka memiliki kekuatan hukum di pengadilan.

Ada kabar baru nih. Tarif bea materai bakal berubah tahun depan, menjadi Rp 10.000. Dengan demikian, nantinya di toko maupun kantor pos, tidak ada lagi materai Rp 3.000 dan Rp 6.000. Hanya ada satu, yakni materai Rp 10.000.

Aturan mengenai bea materai ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020. UU ini ditetapkan dan diundangkan pada 26 Oktober 2020. Dalam UU yang dimaksud dengan bea materai adalah pajak atas dokumen.

Berikut fakta-fakta perubahan tarif bea materai:

 

Tarif Tunggal Rp 10.000 Berlaku 1 Januari 2021

Materai merupakan materai tempel dan kertas materai yang diterbitkan pemerintah. Bea meterai adalah pajak yang dikenakan atas dokumen tertentu yang akan digunakan di pengadilan.

Sebelumnya dalam pengenaan bea materai, pemerintah merujuk pada Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai. UU ini bisa dikatakan jadul atau ketinggalan zaman. Sebab, sudah 34 tahun belum pernah direvisi.

Tahun ini, terbitlah UU Bea Materai terkini. Baru disahkan DPR bulan lalu. Sehingga ada beberapa perubahan besar yang akan diberlakukan.

“Sekarang UU Bea Materai tarifnya hanya satu, Rp10.000," kata Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Suryo Utomo dalam keterangan resminya dari laman Kemenkeu. Dengan begitu, untuk tahun ini masih menggunakan materai Rp 3.000 dan Rp 6.000.

 

Buat Dokumen Bernilai Rp 5 Juta ke Atas

Di UU Bea Materai yang lama, dokumen yang berisi jumlah uang Rp 250 ribu saja sudah harus ditempeli materai. Tetapi di UU terbaru, pengenaan bea materai hanya untuk dokumen bernilai uang Rp 5 juta ke atas. Jadi, yang di bawah Rp 5 juta, bebas bea materai atau tidak perlu disematkan materai.

 

Dokumen Elektronik Pakai Materai Elektronik

Yang teranyar lagi adalah bukan cuma dokumen tertentu dalam bentuk fisik yang pakai materai. Dokumen elektronik pun demikian. Khusus dokumen elektronik akan menggunakan materai elektronik.

Dikutip dari laman resmi Ditjen Pajak, dokumen yang wajib pakai materai, antara lain:

  1. Surat perjanjian dan surat lainnya yang dibuat dengan tujuan untuk digunakan sebagai alat pembuktian mengenai perbuatan, kenyataan, atau keadaan yang bersifat perdata
  2. Akta-akta notaris sebagai salinannya
  3. Akta-akta yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) termasuk rangkap-rangkapnya
  4. Surat yang memuat jumlah uang, yaitu:
    1. Yang menyebutkan penerimaan uang;
    2. Yang menyatakan pembukuan uang atau penyimpanan uang dalam rekening di bank;
    3. Yang berisi pemberitahuan saldo rekening di bank;
    4. Yang berisi pengakuan bahwa utang uang seluruhnya atau sebagiannya telah dilunasi atau diperhitungkan
  5. Surat berharga seperti wesel, promes, aksep, dan cek.
  6. Efek dalam nama dan bentuk apapun.

 

Ada 10 Dokumen yang Bebas Bea Materai

Tidak semua dokumen tertentu dengan nilai di atas Rp 5 juta kena materai. Ada juga yang dibebaskan dari pengenaan tersebut. Di antaranya untuk kegiatan penanganan bencana alam, kegiatan yang bersifat keagamaan dan sosial, serta dalam rangka mendorong program pemerintah dan melaksanakan perjanjian internasional.

Dilansir dari Kompas, ada 10 dokumen yang bebas ditempeli materai:

  1. Dokumen terkait lalu lintas orang dan barang, seperti surat penyimpanan barang, surat angkutan penumpang dan barang, dan lainnya
  2. Segala bentuk ijazah
  3. Tanda terima pembayaran gaji, uang tunggu, pensiun, uang tunjangan, dan pembayaran lainnya yang terkait hubungan kerja
  4. Tanda bukti penerimaan uang negara dari kas negara, kas pemerintah daerah, bank, dan lembaga lain yang ditunjuk negara berdasar aturan UU
  5. Kwitansi untuk semua jenis pajak dan penerimaan lainnya
  6. Tanda penerimaan uang yang dibuat untuk keperluan intern organisasi
  7. Dokumen yang menyebutkan simpanan uang atau surat berharga, pembayaran uang simpanan ke penyimpan oleh bank, koperasi, dan badan lainnya atau pengeluaran surat berharga oleh kustodian kepada nasabah
  8. Surat gadai
  9. Tanda pembagian keuntungan, bunga, imbal hasil dari surat berharga dengan nama dan dalam bentuk apapun
  10. Dokumen yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam rangka pelaksanaan kebijakan moneter.

 

Waspada, Materai Palsu!

Zamannow, bukan hanya uang sampai investasi yang palsu. Materai pun ada yang bodong. Kalau tidak hati-hati, kamu bisa membeli materai abal-abal.

Bentuknya mirip dengan yang asli, sehingga dapat mengecohmu. Tetapi, kalau sudah dijual dengan harga murah atau di bawah nominal tarif, sebaiknya jangan dibeli. Kemungkinan besar itu materai palsu. Segera adukan ke Kring Pajak 1500200 atau kantor polisi bila menjadi korban pemalsuan materai atau menemukan indikasi praktik kejahatan tersebut.

__________________________

Masa Transisi, Begini Cara Menggunakan Meterai Rp 6.000 dan Rp 3.000 Sampai Akhir Tahun 2021

Direktur Peraturan Perpajakan I DJP Kemenkeu Arif Yanuar menjelaskan, jadi ada dua metode penggunakan meterai lama di tahun depan. Pertama, menempel meterai Rp 3.000 dan Rp 6.000 dalam satu dokumen. Kedua, meterai dua meterai Rp 6.000 dalam satu dokumen.

“Masa transisi ini, meterai yang masih tersedia Rp 3.000 dan Rp 6.000 masih bisa digunakan untuk satu tahun ke depan dengan cara memateraikan dalam dokumen minimal nominal Rp 9.000,” kata Arif.

 

Sumber : cermati.com , liputan6.com

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Nagari

folder Arsip Artikel


map Wilayah Nagari

assessment Statistik Nagari

insert_photo Galeri Foto

reorder Vidio Potensi Nagari

reorder LOKASI KAYU KOLEK

message Komentar Terkini

  • person PPID Nagari

    date_range 08 Februari 2021 08:55:13

    Pak Taufik.. Ini sudah pengumuman lama, untuk pengumuman pendaftaran baru blum dibuka. Terkait pengumuman tersebut diatas, bisa langsung ditanyak ke intansi bersangkutan, kami cuma menyampaikan informasi. terimakasih
  • person Taufik

    date_range 05 Februari 2021 15:03:26

    Pendaftaran dan perekrutan pendamping kok berdasarkan pada KKN, klau bukan yg baea orang dalam (propinsi/kabupaten) bakal gak bisa masuk pendaftaran bahkan ada campur tangan pemimpin daerah ... Cara2 seperti ini ternyata masih dipakai lagi direzim ini , Tau2 info pendaftaran ternyata sudah ada yg menempati pekerjaan tsb. Bahkan mulai verlap wilayah .... Proses perekrutan nya gimana ??? yg tdk punya pengalaman sama sekali, bisa masuk berkat rekom propinsi ... Negara mau jadi apa klau caranya begini , ingat " jika suatu pekerjaan dipegang oleh yg bukan ahlinya tunggu kehancurannya" ... Mohon dikaji ulang personel program BSPS 2021 ... Wilayah Jawa timur , kushusnya MADIUN
  • person Suwandi

    date_range 29 Januari 2021 23:16:17

    Rekrutmen untuk wilayah Riau Tahun 2021 Sudah ada info??? Tenaga fasilitator Lapangan
  • person Juliani siamtupanh

    date_range 20 Januari 2021 08:37:02

    Assalamu'alaikum... D sekolh bapk dan ibu apakah masih ada lowongan pekerjaan sebagai guru kelas sekolah dasar, atau sebagai tata usaha. Saya jurusan manajemen pendidikan islam.
  • person Erni muliana purba

    date_range 15 Januari 2021 17:45:24

    Saya pengen sekali ingin bergabung di pabrik philips yg bapak pimpin
  • person Erni muliana purba

    date_range 15 Januari 2021 17:44:34

    Saya pengen sekali ingin bergabung di pabrik philips yg bapak pimpin
  • person PPID Nagari

    date_range 01 Desember 2020 13:52:13

    Silakan datang ke kantor wali nagari
  • person Zurian debi

    date_range 30 November 2020 16:13:08

    Dokumen Syarat Photo / Scan Buku Nikah / SPTJM No file chosen Mengapa kami mengupload dokumen Photo / Scan Dokumen Pendukung I No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung I No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung II No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung III No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung IV No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung V No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung VI No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung VII No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung VIII No file chosen Photo / Scan Dokumen Pendukung IX No file chosen Mengapa setiap kami upload dokumen pendukung 5 sampai 9 data nya kok sama. pengajuan Perubahan KK sudah kami ajukan sebnyak 9 kali dengan permasalahan yang sama. mohon solusi nya.
  • person Tioria Panjaitan

    date_range 27 November 2020 05:22:20

    Apakah masih menerima lowongan kerja di perusahaan Bapak?
  • person Admin

    date_range 02 November 2020 14:21:07

    Kita hanya menampilkan data yang ada di nagari kami pak,... untuk kota padang silakan tanyakan di pemerintahan setempat .. terimakasih

reorder Poling Kepuasan Masyarakat

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:1.140
Kemarin:2.067
Total Pengunjung:1.178.406
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.239.159.107
Browser:Tidak ditemukan
  • NOFRIZAL

    Wali Nagari

  • HERRY WANDA

    Sekretaris Nagari

  • PINO YUANDA

    Kaur Umum dan Perencanaan

  • NELDIA PUTRI

    Kaur Keuangan

  • MUHAMAD RIZKI

    Kasi Pelayanan Kesejahteraan

  • IPIT ENDANG PURNAMA

    Kasi Pemerintahan

  • DETY PURNAMA ROZA

    Staff OP Siskeudes

  • NILA SAFITRI

    Staff Umum & Pelayanan

  • ALFITRA SALAM

    Kepala Jorong Sikabu-kabu

  • HERMAN

    Kepala Jorong Lakuak Dama

  • A. WAHID

    Kepala Jorong Bukik Kanduang

  • FAUZAN AZMI

    Kepala Jorong Tanjung Haro Selatan

  • ARIF RAHMAN

    Kepala Jorong Padang Panjang

settings Pengaturan Layar

insert_chart
APBDes 2020 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 2,150,890,175 | Rp. 2,136,959,700
100.65 %
BELANJA
Rp. 2,099,139,629 | Rp. 2,359,501,335
88.97 %
PEMBIAYAAN
Rp. 222,541,635 | Rp. 222,541,635
100 %
insert_chart
APBDes 2020 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Aset Nagari
Rp. 252,415,000 | Rp. 252,415,000
100 %
Lain - Lain Pendapatan Asli Desa Yang Sah
Rp. 6,669,264 | Rp. 6,500,000
102.6 %
Dana Desa
Rp. 1,023,381,000 | Rp. 1,023,381,000
100 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 29,684,248 | Rp. 23,000,000
129.06 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 830,163,700 | Rp. 830,163,700
100 %
Bunga Bank
Rp. 8,576,963 | Rp. 1,500,000
571.8 %
insert_chart
APBDes 2020 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN NAGARI
Rp. 650,312,682 | Rp. 713,466,350
91.15 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN NAGARI
Rp. 753,397,459 | Rp. 852,944,424
88.33 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 36,763,300 | Rp. 119,876,564
30.67 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 7,081,600 | Rp. 8,200,000
86.36 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK NAGARI
Rp. 651,584,588 | Rp. 665,013,997
97.98 %